Bantu Promosikan Produk UMKM, Menkop UKM Launching Platform e-Brochure Smesco dan Sekolah Ekspor

510 Views

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki meluncurkan aplikasi digital e-Brochure Smesco. Platform ini bisa membantu pelaku bisnis UMKM dalam mempromosikan dan memasarkan produknya secara digital. Platform ini bisa membantu pelaku bisnis UMKM dalam mempromosikan dan memasarkan produknya secara digital.

“Digitalisasie-Brochure untuk memperluas akses pasar bagi produk UMKM. Platform ini tidak hanya menampilkan produk-produk unggulan Koperasi dan UMKM, tetapi juga menyediakan feature yang memudahkan transaksi jual beli secara langsung antara UMKM dengan masyarakat,” ujar Teten dalam keterangan tertulis yang diterima pada Kamis, (20/8/2020).

Teten menyebut aplikasi e-Brochure simpel dan mudah diaplikasikan, termasuk untuk kalangan orangtua. “Tidak semua pelaku UMKM bisa dan mampu berjualan di marketplace. Melalui e-Brochure, bisa dijadikan sebagai ajang latihan untuk masuk ke ekosistem digital,” kata dia.

Selain platform e-Brochure, Teten juga meluncurkan Sekolah Ekspor. Menurut dia, ini adalah salah satu langkah konkrit untuk menggairahkan UKM dalam mempercepat pemulihan ekonomi nasional dan meningkatkan ekspor.  

Teten mengakui pelaku UMKM masih menghadapi sejumlah kendala klasik dalam meningkatkan dan mengembangkan bisnisnya. Di antaranya kapasitas produksi yang masih rendah, hingga standar produk atau sertifikat dari negara tujuan.
 
“Sekolah Ekspor akan berjalan bagus. Pasalnya, sekolah itu bukan sekadar ajang pelatihan ekspor, tapi juga terhubung dengan pasar, akses pembiayaan, perizinan ekspor, bea cukai, hingga memanfaatkan potensi diaspora,” pungkasnya.

No comments

Open chat
butuh bantuan?
Ada yang bisa KOPITU Bantu?
tanyakan keluhan anda