Kegiatan Grebeg UMKM 2020 Antarkan Produk UMKM DIY ‘’Go Ekspor’’

532 Views

Pada tanggal 3 September 2020, dilakukan Seremoni Penglepasan produk UMKM Palem Craft ke pasar Eropa.

Kegiatan ini dihadiri oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda DIY beserta jajaran Pemda DIY, Kepala Perwakilan Bank Indonesia DIY dan perbankan DIY.

Sebagai rangkaian dari Bussiness Matching: Grebeg UMKM DIY ke-4 2020, Palem Craft berhasil memperoleh kontrak kerjasama dengan buyer dari Eropa, khususnya Belgia dan Perancis.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta, Hilman Tisnawan mengatakan bahwa Grebeg UMKM DIY telah memberikan dampak dan manfaat yang baik bagi UMKM Mitra Binaan BI DIY dan Pemerintah Daerah DIY.

Mempertimbangkan dampak dan manfaatnya, Grebeg UMKM DIY menjadi annual event yang dipersembahkan untuk meningkatkan usaha UMKM dan membuka akses DIY.

Rangkaian kegiatan Grebeg UMKM DIY 2020 antara lain; Premium Expo UMKM DIY, Webinar Series UMKM, QRIS Class, Business Matching, Fashion Show, Talk Show dan lainnya.

Melalui Grebeg UMKM DIY, produk UMKM yang berkualitas dan berpotensi ekspor dapat terseleksi dan terdata dengan baik, sehingga dapat didorong untuk ‘naik kelas’ dan mendukung sektor pariwisata dan ekspor DIY.

Palem Craft Jogja, produsen home décor, menjadi mitra binaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (BI DIY) sejak tahun 2017, tepatnya di event Grebeg UMKM DIY pertama di 2017.

Memperhatikan performanya yang mampu menjaga kualitas produk, kapasitas produksi dan kontinyuitas, Palem Craft terus menjadi mitra binaan BI DIY dan mendapatkan pendampingan sesuai dengan kebutuhannya.

‘’Dengan mengikuti GREBEG UMKM DIY yang diinisiasi BI DIY, Palem Craft mendapatkan banyak keuntungan. Berbagai pendampingan dan fasilitasi membuka akses pasar Palem Craft. Pada 2019, Palem Craft mendapat order pertama dari Bazar Bizar dan sampai dengan awal September 2020, telah dilakukan pengiriman barang sebanyak 6 kali. Adapun produk yang menjadi favorite adalah lampu, mirror dan wall deco’’, ujar Deddy Effenfy, pemilik Palm Craft.

‘’Setelah mengikuti Trade Expo Indonesia (TEI) 2019 yang difasilitasi BI DIY, akhirnya Palem Craft berhasil merambah pasar Perancis, sehingga jangkauan ke pasar Eropa semakin luas’’, tambahnya.

Di masa pandemi Covid-19, Premium Expo UMKM DIY 2020 disajikan dalam kemasan yang berbeda.

Produk UMKM premium DIY ditampilkan secara virtual melalui www.grebegumkmdiy.com. Website ini ke depan akan menjadi show case Produk UMKM premium DIY yang telah lolos kurasi dari Bank Indonesia DIY bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UMKM DIY.

Website ini akan menjadi meeting point antara Owner UMKM DIY dan potential buyer. Disini, produk UMKM premium DIY ditampilkan melalui visual yang memanjakan mata.

No comments

Open chat
butuh bantuan?
Ada yang bisa KOPITU Bantu?
tanyakan keluhan anda