Pemerintah siapkan skema vaksin virus corona gratis untuk masyarakat

420 Views

Pemerintah mulai merancang vaksinasi massal untuk virus corona (Covid-19). Vaksinasi akan dilakukan setelah ditemukannya vaksin Covid-19. Nantinya akan disiapkan pemberian vaksin secara gratis bagi masyarakat Indonesia.

“Jadi vaksin bantuan pemerintah dimana melalui budget APBN,” ujar Ketua Pelaksana Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 Erick Thohir saat rapat kerja dengan Komisi IX DPR, Kamis (27/8).Erick bilang nantinya program vaksin tersebut akan menggunakan data dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Nantinya program tersebut akan disebut dengan vaksin gratis.

Rencananya pemberian vaksin gratis akan mulai diberikan pada awal tahun 2021 mendatang. Selain vaksin gratis, ada pula legiatan vaksin mandiri yang biayanya ditanggung oleh penerima vaksin.

“Untuk mengurangi beban APBN kami juga mengusulkan masyarakat bisa membayar mandiri untuk yang mampu,” terang Erick.

Erick menerangkan nantinya akan diatur mengenai masyarakat dengan kemampuan tertentu untuk dapat melakukan vaksin secara mandiri. Sehingga arus kas negara dapat terjaga.

Asal tahu saja saat ini Covid-19 masih terus berkembang di Indonesia. Berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19 per tanggal 26 Agustus 2020 terdapat sebanyak 160.165 kasus positif di Indonesia dengan 115.409 kasus sembuh dan 6.944 kasus meninggal dunia.

No comments

Open chat
butuh bantuan?
Ada yang bisa KOPITU Bantu?
tanyakan keluhan anda