FAQs Pinjaman Modal Usaha sampai 10 jt Rupiah Tanpa Agunan dan Bunga

KUR Super Mikro merupakan pinjaman modal usaha yang diutamakan penerimanya adalah karyawan PHK dan ibu rumah tangga, namun semua orang juga berkesempatan untuk memperolehnya. Pinjaman modal usaha maksimal KUR Super Mikro yakni sebesar 10 juta rupiah. Normalnya, KUR memiliki bunga sebesar 6%, akan tetapi sampai akhir desember 2020 pemerintah memberikan subsidi untuk KUR Super Mikro sehingga bunga pinjaman KUR Super Mikro adalah 0% (tanpa bunga). KUR Super Mikro juga tidak memerlukan dokumen agunan yang harus diserahkan, sehingga meringankan beban para pelaku berusaha.

Melalui KOPITU yang sudah bekerjasama dengan bank, KUR Super mikro dibagi menjadi dua:

  1. Paket usaha

Paket usaha diperuntukan bagi orang yang baru mau memulai usaha, sehingga tidak perlu memikirkan usaha apa yang akan dibuat dan teknis pelaksanaannya. Paket usaha meliputi pemberian modal usaha dari KUR Super Mikro yang akan dialokasikan untuk pelatihan, pendampingan, alat dan bahan usaha, akses aplikasi KOPITU untuk pemasaran dan akuntabilitas usaha. Adapun paket-paket usaha yang dapat dipilih yakni: Digital Marketing, Pakan Ternak, Peternak Ayam Broiler, Peternak Ayam Petelur, Peternak Lele dan Petani Sayur, Lalapan Pecel Lele, Service dan Counter HP, Donat, Minuman Kopi dan Nonkopi, Roti Kopi, Fried Chicken, Mie Ayam, Warung Kelontong, Cimol, Martabak Bangka, dan service komputer serta printer. Paket-paket usaha yang disediakan oleh KOPITU sudah dianalisis oleh tim KOPITU baik cashflow dan financial study sehingga meminimalisir kemungkinan kerugian.

 

  1. Modal dan pendampingan usaha

Modal dan pendampingan usaha ditujukan bagi orang yang sudah memiliki usaha dan UMKM. Para pelaku usaha akan mendapatkan KUR Super Mikro berupa uang untuk tambahan modal. Selain modal, para pelaku usaha juga akan diberikan pendampingan sesuai dengan yang dibutuhkan, digital marketing misalnya atau terkait dengan legalitas usaha, dan lain-lain.

Baik paket usaha maupun tambahan modal usaha, keduanya harus masuk ke dalam keanggotaan KOPITU dan Koperasi UKM Sukses Bersama. Pelaku usaha juga akan mendapatkan akses untuk berjualan online di aplikasi KOPITU. Aplikasi KOPITU akan menghubungan KOPITU, UMKM, Pembeli dan akses keuangan digital (e-money). Dalam aplikasi KOPITU ini, terdapat banyak sekali fitur untuk keprofesionalitasan usaha. Aplikasi ini juga terhubung dengan e-money sehingga catatan penjualan dapat terakuntansi dengan baik. Beberapa fitur yang dimiliki antara lain: akses lokasi sehingga pembeli dapat menemukan penjual yang ada di sekitarnya, supply chain sehingga para pelaku usaha dapat mendapatkan bahan baku dengan jelas juga sesuai kriteria bahan yang diperlukan, pembayaran digital yang langsung masuk ke dalam rekening pribadi, semua transaksi yang dilakukan tercatat dengan baik untuk keperluan administrasi pelaku usaha, dan masih ada banyak sekali fitur di dalam aplikasi ini yang dapat memudahkan semua pihak di dalamnya.

 

Question 

  • Apa saja paket usaha yang di lakukan Kopitu dalam rangka menciptakan 10000 Pengusaha baru ?

Dibagi menjadi 2 :

  1. Tambahan Modal dan Pendampingan untuk UMKM
  2. Paket Usaha untuk Wirausaha baru

 

  • Apa saja syarat pengajuan KUR Super Mikro ?
  1. Tambahan Modal dan Pendampingan untuk UMKM
  • Wajib memiliki usaha minimal 6 bulan
  • Memiliki izin legalitas usaha minimal NIB
  • Memiliki sertifikasi pelatihan usaha

 

  1. Paket Usaha untuk Wirausaha baru
  • Usia minimal 18 tahun
  • Belum Pernah menerima KUR
  • Tergabung dalam sekelompok usaha atau lembaga termasuk KOPITU untuk melakukan pendampingan

 

  • Apa saja jenis paket usahanya ?
  1. Sosial Media Digital Marketing
  2. Pakan Ternak
  3. Peternak Ayam Horn
  4. Peternak Ayam Petelur
  5. Peternak Lele dan Petani Sayur
  6. Lalapan Pecel Lele
  7. Service HP dan Central ACC HP
  8. Donut
  9. Roti
  10. Kopimol
  11. Mie Ayam
  12. Fried Chiken
  13. Warung Kelontong

 

  • Bagaimana prosedur untuk usaha digital marketing ?

 

  • Bagaimana prosedur untuk usaha Pakan Ternak, Ayam Horn, Ayam Petelur, Peternak Lele dan Petani sayur?

Untuk usaha pakan ternak membutuhkan biaya sekitar 50jt maka dari itu bapak/ibu harus mempunyai 5 orang  pelaku usaha baru juga yang ingin membuka usaha pakan ternak tersebut dalam satu kecamatan. Setelah mereka mendafatr di link form yang sudah kami sediakan nnti akan ada pengumuman mengenai lolos tidaknya dalam seleksi administrasinya. Jika sudah memenuhi kriteria bapak/ibu mendapatkan peminjam KUR Super Mikro sebesar 10 juta per orang, dalam proses usahanya karena nntinya untuk bahan dan alatnya akan di sediakan oleh Kopitu, jadi bapak atau ibu hanya tinggal memproduksinya saja. Selanjutnya Bapak/Ibu mendapatkan pendampingan dr DPW/Orang yang telah ditunjuk oleh Kopitu untuk melakukan pelatihan teknis usahanya. 

 

  • Bagaimana prosedur untuk usaha Service HP dan ACC Hp ?

Untuk usaha ACC HP setelah mereka mendafatar di link form yang sudah kami sediakan, nnti akan ada pengumuman mengenai lolos tidaknya dalam seleksi administrasinya. Jika sudah memenuhi kriteria bapak/ibu mendapatkan peminjam KUR Super Mikro sebesar 10 juta per orang, dalam proses usahanya karena nntinya untuk bahan dan alatnya akan di sediakan oleh Kopitu, jadi bapak atau ibu hanya tinggal memproduksinya saja. Selanjutnya Bapak/Ibu mendapatkan pendampingan dr DPW/Orang yang telah ditunjuk oleh Kopitu untuk melakukan pelatihan teknis usahanya. 

 

  • Bagaimana prosedur untuk usaha Sosial Media Marketing ?

Untuk usaha Sosial Media Marketing setelah mereka mendafatar di link form yang sudah kami sediakan, nanti akan ada pengumuman mengenai lolos tidaknya dalam seleksi administrasinya. Jika sudah memenuhi kriteria bapak/ibu mendapatkan peminjam KUR Super Mikro sebesar 10 juta per orang, dalam proses usahanya karena nntinya untuk pelatihan desain, video maker serta pelatihan digital marketing memaksimalkan ads (FB ads, IG ads dan Tiktok ads) akan diadakan oleh pihak yang ditunjuk Kopitu. baik DPW/perorangan atau lembaga yang bekerjasama dengan Kopitu, jadi bapak atau ibu hanya tinggal mempersiapkan diri untuk pelatihan tersebut dan mulai menjalankan bisnis.

 

  • Bagaimana prosedur untuk usaha makanan dan minuman ?

Untuk prosedur usaha makanan dan minuman peminjam mendapatkan KUR Super Mikro sebesar 10 juta dan dana tersebut akan di bagi untuk pembelian bahan beserta alat, pembiayaan lokasi serta biaya administrasi. Dan untuk proses teknisnya akan di lakukan pendampingan dari perwakilan DPW/DPD Kopitu yang telah di tunjuk untuk melakukan pendampingan kepada pelaku usaha.

 

  • Bagaimana prosedur untuk usaha warung klontong ?

 

  • Jika antara suami/istri sudah memiliki riwayat pinjaman KUR atau sedang memiliki hutang apakah bisa untuk menngikuti pinjaman KUR Super Mikro ini ?

Bisa, jika orang tersebut tidak termasuk daftar hitam atau lolos bi cheking

  • Apakah mengikuti program KUR Super Mikro ini harus menjadi anggota KOPITU terlebih dahulu ?

Tidak, setelah dana cair otomatis akan menjadi angoota KOPITU

 

  • KUR Super Mikro ini bebas bunga berlaku sampai kapan ? sampai desember 2020

 

  1. Bank mandiri mana saja yg sudah bekerja sama dengan KOPITU atau semua bisa untuk melakkukan pinjaman ?

Bisa , nnti dari Pihak KOPITU akan menunjuk Bank mana saja yang sudah bisa dilakukan pinjaman KUR Super Mikro.

 

  1. Apakah pengajuan dr Mandiri tentang pinjaman tanpa agunan tanpa bunga super mikro harus ada recomendasi dari KOPITU, apa sudah disiapkan blanko dari KOPITU ?

Iya harus karena untuk melakukan pinjaman tersebut akan selalu ada pedampingan yang di syaratkan oleh Bank dan akan di berikan surat Rekomendari dari KOPITU pastinya.

 

  1. Untuk mendapatkan kredit super mikro, apakah hrs menjadi member/anggota KOPITU?

Iya, tapi untuk menjadi member KOPITU, setelah pinjaman tersebut cair.

 

  1. Apakah pinjamannya menggunakan Agunan?

Tidak, untuk jenis KUR Super Mikro ini. Dan Jika KUR Mikro biasa itu tetap ada agunan dan bunga sebesar 6 %

 

  1. Setelah mengisi Formulir Pendaftaran KUR Super Mikro, apa yang harus saya persiaapkan untuk mendapatkan rekomendasi dari KOPITU ?

Kelengkapan yang telah di persyaratkan untuk mengajukan KUR Super Mikro,  dan nanti dari tim KOPITU akan menseleksi kembali dari klasifikasinya masuk atau tidak.

 

  1. Teknis pengajuan KUR Super Mikro ini bagaimana ?

Bapak/Ibu tinggal mengisi Form yang telah di sediakan dr KOPITU lalu selanjutnya nanti dari tim KOPITU akan menseleksi layak/tidaknya untuk mendapatkan surat rekomendari dari KOPITU mengensai pinjaman tersbut.

 

  1. Bagaimana caranya penambahan modal usaha yg 10 juta ?

Bapak/Ibu bisa langsung mengisi form yang telah disediakan, untuk syarat yang harus dipenuhi adalah bapak/ibu harus memiliki usaha min. 6 bulan, statusnya sudah menikah, memiliki izin usaha izin usaha minimal NIB dan tidak termasuk daftar hitam dlm BI cheking. Selanjutnya Tim Kopitu akan menyeleksi data bapak/Ibu sudah memenuhi persyaratan atau belum jika belum makan peminjam tersebut gagal mendapat pinjaman dr Bank Mandiri jika lolos makan akan diajukan datanya ke Bank Mandiri untuk di review kembali.

Mengenai pendampingan kur lainnya :

info lebih hubungi :

Riski

Staff Dokumen Pengelolaan KUR Super Mikro

mendata dan mengelola penyeleksian pendaftaran KUR hingga ke pengajuan ke Bankl terkait.

tanyakan apapun mengenai KUR Super Mikro KOPITU.

  • +62 896-7842-9633
  • hubungi pada jam kerja. 08:00-16:00
  • 6 hari kerja Senin-Sabtu
EnglishIndonesian
Open chat
butuh bantuan?
Ada yang bisa KOPITU Bantu?
tanyakan keluhan anda