Sandiaga Uno Ajak Millennial dan Gen Z Ambil Peluang di Era Metaverse

369 Views
Sandiaga Uno Ajak Millennial dan Gen Z Ambil Peluang di Era Metaverse

Dunia perlahan mulai memasuki era metaverse. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menilai era tersebut bisa menjadi kesempatan bagi millennial dan generasi Z untuk berkembang. 

“Melalui metaverse, pengusaha dapat membuka peluang tanpa batas untuk meraih banyak keuntungan dengan cara yang sebelumnya tidak pernah dibayangkan,” kata Sandiaga Uno seperti dikutip dari ANTARA, Sabtu (15/1/2022). 

1. Indonesia punya peluang besar manfaatkan era metaverse

Menurut Sandiaga, Indonesia punya peluang besar dalam mengambil kesempatan di era metaverse. Apalagi, industri kreatif di Tanah Air banyak didominasi oleh usia produktif. 

“Meninjau sumber daya manusia di Indonesia yang di dominasi usia produktif, maka era metaverse dianggap dapat menjadi wadah serta peluang percepatan ekonomi,” tuturnya. 

2. Masyarakat Indonesia harus bisa jadi tuan rumah di negeri sendiri

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini menuturkan, era metaverse harus bisa menjadi wadah bagi generasi muda untuk mengembangkan potensinya. Dengan jumlah penduduk yang begitu besar, kata Sandiaga, Indonesia tidak boleh hanya menjadi pasar bagi pelaku usaha di era metaverse. 

Disisi lain, pada era ini sebanyak 23 juta lapangan kerja kemungkinan besar tergantikan. Namun, akan muncul 46 juta lapangan kerja baru terutama berkaitan dengan artificial intelligence, serta blockchains dengan virtual reality, dan augmented reality.

“Kita harus bergerak secara tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu agar apa yang diinginkan oleh teman-teman milenial ini mereka menjadi tuan rumah di negeri sendiri,” paparnya.

3. Tentang metaverse

Metaverse adalah sebuah dunia virtual yang membuat para pengguna dapat berbelanja, bersosialisasi, mengambil bagian dalam kegiatan, berdagang, rekreasi, dan belajar di dalam realitas virtual tersebut.

Orang pertama yang terkenal telah menciptakan istilah metaverse adalah Neal Stephenson. Ia menyebutkan istilah tersebut pada novelnya di tahun 1992 yang berjudul Snow Crash. Istilah metaverse merujuk pada dunia virtual 3D yang dihuni oleh avatar orang sungguhan.

Istilah ini tidak memiliki definisi yang bisa diterima secara universal. Anggap saja metaverse adalah internet yang diberikan dalam bentuk 3D. 

Follow us :

TAGAR :  #G20 #IndonesiaG20 #SuksesExpor # #UMKM #umkmkopitu  #goExpor #goGlobal #ukmnaikkelas  #yoyokpitoyo  #KOPITU 

Facebook : https://www.facebook.com/kopitupusat

Twitter : https://twitter.com/KomiteKecil

Instagram : https://www.instagram.com/kopitu_/

Website : https://www.smes20.org/

Instagram : https://www.instagram.com/smes.20/

No comments

Open chat
butuh bantuan?
Ada yang bisa KOPITU Bantu?
tanyakan keluhan anda