Tindak Lanjut MOU, KOPITU dan Pemkot Denpasar Percepat Pergerakan Ekspor dan Ketenagakerjaan Dengan Darwin

249 Views

Rencana kerjasama KOPITU dan Pemkot Denpasar kini mulai memasuki tahap negosiasi. Pada Senin (14/3), Ketua Umum KOPITU Yoyok Pitoyo didampingi segenap jajaran DPP KOPITU dan Dayu Ganda mewakili Pemerintah Kota Denpasar mengadakan meeting dengan Gulfan Afero, Konsul Republik Indonesia Untuk Nothern Territory.

“Kami sudah resmi menandatangani MOU. Dan dengan adanya kerjasama tersebut, ada beberapa aspek dan sektor yang akan kami genjot dalam waktu dekat. Hal ini rencananya akan kami laksanakan dengan menjalin Sister City dengan Darwin, kemudian menyusul kota lain seperti Perth, Canberra dan lainya”, ungkap Yoyok.

Kerjasama yang direncanakan oleh KOPITU dan Pemkot Denpasar dengan Darwin diketahui akan mencakup beberapa sektor diantaranya Perdagangan, Ketenagakerjaan, Iptek dan menyusul sektor lain.

“Saat ini KOPITU sudah menyiapkan rancangan E-Store dengan Fulfillment Service yang akan kami implementasikan di Darwin. Kami sudah mulai built juga komponen digitalnya. Diharapkan dengan adanya penetrasi market ekspor dengan metode ini akan dapat membuka kesempatan-kesempatan baru dan peluang pasar yang baru bagi UKM di Denpasar. Tidak menutup kemungkinan juga daerah lain bisa mendapat akses yang sama”, tutur Yoyok.

Di samping penetrasi pasar ekspor, di dalam pertemuan tersebut juga dibahas terkait ketenagakerjaan. Secara spesifik, skema dan ketentuan pekerja migran untuk wilayah Australia dengan beberapa jenis visa yang dinilai paling mudah dan menguntungkan.

“Kalau memang sudah siap, bapak silahkan kirimkan ke kami list produknya atau nanti kami bisa cek dari website yang sudah ada. Kami akan bantu sinergikan dan munculkan potensi-potensi yang ada. Kita siap untuk kolaborasikan bersama rencana ini”, ungkap Gulfan.

Menurut Yoyok, efisiensi yang akan diperoleh dengan penerasi market ekspor dengan fitur fulfillment service dapat sangat membantu para UKM untuk berbagai aspek.

“Baik itu analisa captive market, pengurusan perizinan, packaging dan aspek logistik hampir semua dapat kita cakup. dan itu pun kita masih dalam tahap pengembangan untuk fitur dan dukungan lain yang akan mempermudah UKM”, tambah Yoyok.

“Kami sepenuhnya mendukung apa yang sedang diusahakan oleh KOPITU dan Pemkot Denpasar. Tentunya kita berharap agar skema ini nantinya dapat dikembangkan dan makin diperluas lagi cakupan dan jangkauanya”, pungkas Gulfan

  1. Selamat atas keberhasilan ketum ,kami siap mendukung ???

One comment

Open chat
butuh bantuan?
Ada yang bisa KOPITU Bantu?
tanyakan keluhan anda