UPDATE KOPITU – Belum Genap Dua Tahun, KOPITU Sudah Siap Cetak 10 Ribu Pengusaha Baru dan Buat UMKM Go Intersional

439 Views

komite-umkm.org – Jumat 6 November 2020, Komite Pengusaha Mikro Kecil Menengah Indonesia Bersatu (KOPITU) melaksanakan rapat internal pengurus dan Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) guna membahas Program Menciptakan 10 Ribu Pengusaha Baru di Indonesia, International UKM Bali Virtual Expo, dan program-program lain guna memajukan UMKM nasional. Dalam agenda tersebut, Yoyok Pitoyo selaku ketua umum KOPITU sangat optimis dengan keberhasilan program-program tersebut dikarenakan besarnya dukungan dari pemerintah dan para pelaku UMKM itu sendiri.

“Kami sudah melakukan audiensi dengan Kepala Dinas Koperasi & UMKM Pemprov bali yakni bapak drh. I Wayan Mardiana, MM beberapa hari lalu, dan KOPITU siap untuk menjadi bagian dari kegiatan International UKM Bali Virtual Expo” jelas Yoyok. KOPITU akan memperkenalkan produk UMKM di bawah naungannya dalam kegiatan berskala Internasional tersebut guna memperkenalkan kepada masyarakat di berbagai negara di dunia bahwa produk UMKM Indonesia juga memiliki nilai jual dan daya saing di pasar global. Yoyok juga menjelaskan bahwa UMKM Indonesia harus naik kelas dan Go Ekspor sesuai dengan visi dan misi KOPITU.

Selain membahas mengenai International UKM Bali Virtual Expo, dalam agenda tersebut juga dibahas mengenai Program Menciptakan 10 Ribu Pengusaha Baru di Indonesia. Program ini digagas oleh Yoyok dan tim KOPITU sebagai upaya untuk memulihkan ekonomi masyarakat di tengah krisis ekonomi yang terjadi sekarang akibat Covid-19. “Detail mengenai program ini akan kami sampaikan pada tanggal 18 November 2020 melalui webinar yang akan kami gelar, silahkan mengisi google form yang telah kami sediakan untuk mengikuti kegiatan tersebut” ujar Yoyok. Webinar yang akan dilaksanakan turut mengundang Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia, bapak Teten Masduki untuk membuka acara dan menjelaskan tentang peraturan dan regulasi UMKM terbaru di Indonesia.

Program Menciptakan 10 Ribu Pengusaha Baru di Indonesia merupakan pinjaman modal usaha sebesar 10 juta rupiah tanpa agunan dan bunga. Program ini ditujukan untuk UMKM yang membutuhkan tambahan modal, dan karyawan PHK akibat covid-19. Untuk karyawan PHK yang belum memiliki kemampuan dalam berwirausaha, akan mendapatkan pendampingan, pelatihan, dan paket usaha dari KOPITU.

Pendampingan dan pelatihan yang diberikan KOPITU meliputi cara berbisnis dengan baik, serta skill teknis mengenai paket usaha yang dipilih. Adapun paket usaha yang disediakan KOPITU antara lain: Petani Jagung, Pakan Ternak, Peternak Ayam Broiler, Peternak Ayam Petelur, Peternak Lele dan Petani Sayur, Lalapan Pecel Lele, Service dan Counter HP, Donat, Minuman Kopi dan Nonkopi, Roti Kopi, Fried Chicken, dan Mie Ayam. Kegiatan webinar tersebut sekaligus memperingati hari jadi KOPITU ke dua tahun.

Para DPW KOPITU dan UMKM di bawah naungannya akan hadir dalam webinar sehingga Program Menciptakan 10 Ribu Pengusaha Baru dapat tersosialisasikan dengan baik dan banyak menciptakan pengusaha baru di Indonesia. Bertambahnya wirausahawan baru di Indonesia akan mengurangi angka pengangguran dan mensejahterakan masyarakat dari sisi ekonomi, dimana hal ini akan mengurangi krisis ekonomi yang terjadi saat ini

TAGAR : #kopitu #umkmkopitu #suksesexpor #goExpor #goGlobal #ukmnaikkelas #umkm #10ribupengusaha #10ribudesa #balivirtualexpo #virtualexpo

Follow Sosial Media

Facebook : https://www.facebook.com/kopitu.jaya.5/

Twitter : https://twitter.com/KomiteKecil

Instagram : https://www.instagram.com/kopitu_/

No comments

Open chat
butuh bantuan?
Ada yang bisa KOPITU Bantu?
tanyakan keluhan anda