UPDATE KOPITU – Mencicipi Bakso Batok Kelapa di Padang, Kombinasi Manis-Pedas Bercampur di Lidah

641 Views

Update KOPITU

Update Kopitu – Bakso, kuliner khas asal Indonesia yang menjadi jajanan itu disukai hampir semua kalangan. Penyajiannya pun sederhana, menggunakan sedikit micin dan dibubuhi mie putih yang menambah ciri khas dari makanan tersebut. Bakso juga memiliki berbagai macam varian, hingga kini ada varian bakso hadir di Indonesia.

Mulai dari bakso urat, bakso telur, hingga bakso beranak. Namun, bagaimana kalau bakso disajikan di dalam batok kelapa muda? Bakso batok kelapa itu hadir di Bakso Solo Raya yang terletak di Bandar Purus Nomor 67, Kelurahan Padang Pasir, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang. Mereka menyajikan menu daging bakso yang disuguhi dengan kuah dalam batok kelapa muda.

Berbeda dengan bakso lain di Kota Padang, pemilik warung Nanang menyebutkan bahwa bakso batok kelapa ini merupakan satu-satunya di ibu kota Sumatera Barat tersebut. Bahkan, ia mengklaim menjadi varian bakso yang paling unik dibandingkan varian bakso lainnya.

Nanang menjelaskan, sesuai namanya, bakso batok kelapa dikombinasikan dengan dua bahan yang berbeda. Pertama bakso yang terbuat daging sapi, dan kelapa muda yang segar serta manis.

“Dengan dua kombinasi itu memberikan rasa yang berbeda dan menarik bagi yang memakannya,” sebut Nanang kepada merdeka.com di warungnya, Bakso Solo Raya di Padang, Minggu (11/10).

Bosan Jualan Kelapa

Untuk ide awal, Nanang menceritakan bahwa itu berasal dari rasa penasarannya yang ingin menemukan varian bakso baru. Sehingga, masyarakat tak bosan memakan bakso sebagai santapan yang tak luput sehari-hari.

Ide itu juga muncul dari pengalamannya 8 tahun berjualan kelapa muda, dan beralih berjualan bakso dalam 3 tahun silam. “Jadi sebelum jualan bakso ini saya selama 8 tahun terakhir jualan kelapa muda. Nah baru 3 tahun belakangan ini mulai mencoba usaha makanan bakso,” kata Nanang.

Dari pengalamannya itulah, Nanang mencoba membuat bakso menggunakan batok kelapa. Tak hanya menjadi batok kelapa sebagai wadah penyajian bakso, namun daging dari kelapa muda itu juga dicampur dengan bakso untuk mengeluarkan cita rasa tersendiri.

Bakso batok kelapa ini tidak menggantikan mangkok sebagai wadah bakso menjadi batok, tapi kami benar-benar mencampur daging kelapa muda yang ada pada dalam batok dengan bakso itu sendiri,” sebut Nanang.

Alasan batok kelapa tak hanya dijadikan wadah alias daging kelapa juga disertakan, dikatakan Nanang untuk menghilangkan persepsi pembeli yang berpikir dia menggunakan batok kelapa bekas atau sering dipakai.

“Kan kalau daging kelapa mudanya masih ada dan dicampur dengan bakso, berarti batok kelapa itu baru atau masih segar,” kata Nanang.

Jika berbicara soal rasa perpaduan keduanya, Nanang menggambarkan bahwa ada sensasi tersendiri dari bakso yang pedas dicampur dengan kelapa muda yang gurih dan menyegarkan.

“Daging kelapa muda itu kan segar dan gurih, sementara bakso dicampur dengan saos dan cabai maka rasanya pedas, nah kalau dikombinasikan rasanya antara pedas dan manis gitu,” ujar Nanang.

Menurut Nanang bakso batok kelapa sangat cocok bagi konsumen yang tak terlalu suka dengan rasa pedas atau manis. Karena, bakso ini menawarkan rasa yang pas di lidah.

Untuk penyajian bakso tersebut, awalnya batok kelapa dibentuk menyerupai mangkok, kemudian air kelapa dikeluarkan sehingga hanya daging kelapa yang tersisa. Mie putih, bakso beserta kuahnya pun dimasukkan ke dalam batok kelapa muda itu, sehingga membuat keduanya tercampur.

Rp25 Ribu per Porsi
Sementara soal harga, satu porsi batok kelapa dipatok dengan harga Rp25 ribu per porsi. Menurutnya, harga ini telah sesuai dan pas dengan ukuran dan porsi yang ditawarkan warungnya tersebut.

Selain menawarkan menu bakso batok kelapa, warungnya juga menyediakan menu bakso lain seperti bakso lobster, bakso lava, bakso sayur pakcoy, dan beraneka menu bakso lainnya.

Dalam satu hari, Nanang mengklaim dapat meraih omzet mencapai Rp10 juta hingga Rp15 juta. Omzet itu sendiri tergantung dari ramainya pembeli yang datang ke warungnya.

Salah satu konsumen bakso batok kelapa Rahman mengatakan dirinya baru pertama kali mencoba sensasi bakso unik tersebut. Dia mengungkapkan mendapatkan informasi itu dari teman sekantor nya.

“Jadi karena penasaran, saya langsung saja ke warung Bakso Solo Raya untuk mencoba bakso batok kelapa tersebut. Awalnya saya pikir batok kelapa hanya dijadikan wadahnya saja, tapi setelah dilihat ternyata ada daging kelapa mudanya,” kata Rahman.

Usai mencoba bakso batok kelapa, Rahman mengaku adanya sensasi rasa yang baru dan unik yang dihasilkan dari daging kelapa muda yang dimakan langsung dengan bakso.

Rasa daging kelapa yang segar dan manis dicampur dengan pedasnya bakso, membuat bakso batok kelapa menjadi sangat enak. Cocoklah untuk penggemar bakso yang bosan dengan menu bakso yang sudah ada sebelumnya,” sebut Rahman.

TAGAR : #baksobatokkelapa #umkmunik #idekelapamuda #bakso #rasadagingkelapa #umkmkopitu #goexportkopitu #idebaruumkm #indonesiangrocery_kopitu #kopitujaya #kopitupusat

Sumber Refrensi : https://www.merdeka.com/

Follow Sosial Media Kopitu

Facebook : https://www.facebook.com/kopitu.jaya.5

Instagram : @kopitu_

Twitter : @KomiteKecil

No comments

Open chat
butuh bantuan?
Ada yang bisa KOPITU Bantu?
tanyakan keluhan anda