UPDATE KOPITU, Palembang sama dengan Korea Selatan, Selangkah Lebih Dekat Menuju Kerjasama Sister State!

366 Views

Sister State atau Provinsi Kembar adalah suatu bentuk kerjasama antar daerah yang berbeda negara dalam bidang pengembangan Ekonomi, Sosial, Budaya dan aspek lain yang menjadi kepentingan suatu daerah dengan mitra kerjasamanya. Kerjasama ini memiliki bentuk yang sangat variatif dan luas sehingga membuka berbagai peluang positif untuk mengembangkan sebuah daerah. Hal ini dibahas pada pertemuan Yoyok Pitoyo, Ketua Umum KOPITU didampingi oleh Imelda dari P3MI yang bermediasi dengan Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru yang didampingi oleh Jajaran Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan.

“Tentunya sangat besar peluang pengembangan yang akan kita rancang ke depan dengan adanya kerjasama baru ini. Beberapa sektor yang sangat penting adalah diantaranya ketenagakerjaan, pertukaran teknologi, pasar ekspor dan industri. Pengembangan untuk sektor lain akan mengikuti. Yang jelas, tujuan kita adalah meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Wong Kito Galo”, ungkap Herman Deru. Kerjasama Sister State dengan mitra di Korea Selatan ini dimediasi oleh KOPITU dengan merencanakan berbagai pengembangan.

Dalam pertemuan tersebut juga turut dibahas pula rencana pengolahan Porang. Porang saat ini menjadi produk yang memiliki nilai ekonomi tinggi, khususnya pada negara-negara seperti Korea, China dan Jepang. Negara-negara tersebut banyak menggunakan Glucomanan sebagai bahan makanan, kosmetika dan obat-obatan.

“Berhubung rencana kerjasama kita melibatkan Korea, maka keterbukaan penetrasi pasar sudah dapat dipastikan. Kami juga telah membangun ekosistem hulu hingga hilir terkait Budidaya dan pengolahan Porang ini. Produk akhirnya bisa jadi chips maupun tepung Glucomanan yang harganya sangat menjanjikan”, ungkap Yoyok Pitoyo.

“Kami sudah siapkan (MoU) beberapa daerah di Korea Selatan yang akan menjalin kerjasama dengan Pemprov Sumsel tersebut. Tinggal kita bicarakan bersama sektor dan aspek kerjasama secara lebih mendetil sehingga tujuan kita bersama dapat tercapai. Salam KOPITU!”, pungkas Yoyok.

TAGAR : #kopitu #umkmkopitu #suksesexpor #goExpor #goGlobal #ukmnaikkelas #palembang #sisterstate #yoyokpitoyo

Follow Sosial Media

Facebook : 
(20+) Kopitu Komite Pengusaha Mikro Kecil Menengah Indonesia Bersatu | Facebook

Twitter : https://twitter.com/KomiteKecil

Instagram : https://www.instagram.com/kopitu_/

No comments

Open chat
butuh bantuan?
Ada yang bisa KOPITU Bantu?
tanyakan keluhan anda