UPDATE KOPITU – Sukses Bisnis Pakan Ternak serta Service, Aksesoris, dan Pulsa HP: Satu Tahun Balik Modal

585 Views

komite-umkm.org – Kamis 5 November 2020, Komite Pengusaha Mikro Kecil Menengah Indonesia Bersatu (KOPITU) mengadakan webinar mengenai Gerakan Menciptakan 10 Ribu Pengusaha baru di 10 Ribu Desa di Indonesia khususnya pada bidang usaha pembuatan pakan ternak serta service, aksesoris dan pulsa HP.

Yoyok Pitoyo selaku ketua umum KOPITU menegaskan bahwa usaha di bidang pakan ternak dan service, aksesoris dan pulsa HP sangat menjanjikan kedapannya, mengingat banyak sekali penduduk di Indonesia yang berprofesi sebagai peternak, dan menjadi fokus pemerintah juga untuk mengekspor produk peternakan, serta hampir setiap orang di Indonesia memiliki HP.

Webinar kali ini diikuti oleh ratusan orang dari seluruh Indonesia yang berminat menjadi wirausahawan di bidang pakan ternak dan service, aksesoris dan pulsa HP. Tentunya di tengah pandemi covid-19 kegiatan berwirausaha dapat memberikan kesejahteraan dari sisi ekonomi bagi masyarkat, serta mampu menyerap tenaga kerja.

KOPITU menyediakan paket usaha dan modal usaha sebesar 10 juta rupiah per orang tanpa bunga dan agunan sebagai bentuk kerjasama antara KOPITU dengan Bank BRI dan Mandiri, juga sebagai bentuk kegiatan dalam menyukseskan program pemerintah untuk mendongkrak perekonomian masyarakat khususnya di tengah pandemi covid-19. Paket usaha yang dibahas pada webinar kali ini adalah Pembuatan Pakan Ternak, serta Service, Aksesoris, dan Pulsa HP.

Dalam paket usaha KOPITU, selain modal usaha setiap wirausahawan juga akan mendapat pendampingan berwirausaha dan pelatihan teknis mengenai jenis usaha yang dipilih, sehingga seorang yang belum pernah berwirausaha pun memiliki kemampuan untuk dapat menjalankan bisnisnya dengan baik. Yoyok menjelaskan untuk usaha pakan ternak, KOPITU akan menggandeng Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dikarenakan membutuhkan tenaga kerja yang tidak sedikit dan legalitas usaha. “KOPITU membuat sebuah Supply Chain untuk beberapa usaha dari hulu-ke hilir, sehingga sudah ada pembeli produk pakan ternak yang dihasilkan, jadi para wirausahawan baru tidak perlu khawatir produknya tidak laku dijual” ujar Yoyok dalam webinar tersebut.

Kegiatan teknis mengenai cara membuat pakan, alat dan bahan termasuk mesin, serta rancangan biaya dan cash flow juga dijelaskan dalam webinar ini. Diperkirakan usaha di bidang pakan ternak akan balik modal dalam waktu 9 bulan. Usaha service & aksesoris HP juga mendapat antusiasme dari peserta, banyak dari peserta yang menyampaikan kepada Yoyok bahwa mereka sangat tertarik untuk memulai usaha ini mengingat di beberapa daerah terutama di pedesaan sangat sedikit orang yang menjalankan usaha service HP.

Dalam webinar ini disampaikan bahwa KOPITU akan mengimpor produk aksesoris HP dari China dan pendistribusian ke para pelaku usaha Service, Aksesoris and Pula HP di seluruh daerah di Indonesia. “Untuk service HP, KOPITU akan melaksanakan pelatihan dimana instruktur yang memberikan materi sudah memiliki sertifikat di bidangnya, jadi para wirausahawan nantinya akan memiliki kemampuan yang memadai.

Untuk aksesoris HP, KOPITU akan langsung impor barang dari China dan didistribusikan langsung oleh KOPITU dari produsen di China sampai ke tangan para wirausahawan, sehingga harga produk lebih kompetitif di pasar” tambah Yoyok. Dijelaskan pula rancangan biaya dan cashflow mengenai usaha service & aksesoris HP ini akan balik modal dalam waktu kurang dari satu tahun. Perlu diketahui bahwa kedua jenis usaha tersebut baik Pakan Ternak maupun servise HP sudah dianalisis oleh kopitu sehingga dapat memperkecil kemungkinan kerugian.

Untuk kegiatan pemasaran KOPITU juga membuat sebuah aplikasi untuk para UMKM di bawah naungannya agar kegiatan pemasaran dapat dimaksimalkan. Para peserta webinar menyampaikan bahwa besar harapan mereka untuk program KOPITU dapat berjalan dengan baik, agar tujuan-tujuannya dapat tercapai dan manfaatnya dirasakan oleh masyarakat luas.

TAGAR : #kopitu #umkmkopitu #suksesexpor #goExpor #goGlobal #ukmnaikkelas #umkm #10ribupengusaha #10ribudesa #bumdes #acc&servicehp #pakanternak

Follow Sosial Media

Facebook : https://www.facebook.com/kopitu.jaya.5/

Twitter : https://twitter.com/KomiteKecil

Instagram : https://www.instagram.com/kopitu_/

No comments

Open chat
butuh bantuan?
Ada yang bisa KOPITU Bantu?
tanyakan keluhan anda